Jumat, 04 Desember 2009

S2 Kebidanan di Australia




Profesi kebidanan adalah salah satu profesi yang sudah diakui di dunia Internasional sebagai profesi yang paling dekat dengan perempuan selama siklus kehidupannya. Sebagai salah satu profesi dalam bidang kesehatan bidan memiliki kewenangan untuk memberikan pelayanan kebidanan yaitu kesehatan reproduksi kepada perempuan remaja putri, calon pengantin, ibu hamil, bersalin, nifas, masa interval, klimakterium, dan menopause, bayi baru lahir, anak balita dan prasekolah. Selain itu Bidan juga berwenang untuk memberikan pelayanan keluarga berencana dan kesehatan masyarakat.

Pendidikan bidan merupakan wadah dimana calon bidan ditempa yang nantinya akan diterjunkan ke masyarakat untuk pengabdian. Pendidikan langsung atau setelah menempuh pendidikan perawat merupakan pola pendidikan bidan yang awalnya diterapkan diseluruh dunia, karena memang awalnya profesi bidan masih menjadi satu dengan profesi keperawatan. Setelah bidan menemukan jati dirinya yang berbeda dengan keperawatan maka pola pendidikan khusus bidan pun dikembangkan didunia. Dimulai dari tingkat pendidikan bidan yang setara dengan diploma sampai pascasarjana.

Disetiap negara sangat berharap bahwa dengan berkembangnya pendidikan bidan sampai jenjang master, maka profesionalisme dalam menjalankan praktik kebidanan juga meningkat. hal ini tentu saja akan diiringi dengan menurunya angka kematain ibu dan bayi serta meningkatkan status kesehatan masyrakat.

Australia adalah salah satu negara yang juga menyelenggarakan pendidikan kebidanan yang bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme bidan dalam memberikan asuhan kebidanan melalui pendidikan berjenjang dan berkelanjutan sampai ketingkat master. Pada umunya pendidikan di Australia terpengaruh oleh model kolonialisme Inggris terhadap penerimaan bidan yang direkrut dari perawat, walaupun pada perkembangan terakhir model ini perlahan mulai ditinggalkan dan mengarah pada pola pendidikan khusus bagi bidan.

A. Pendidikan Master Kebidanan di Australia

Agar mendapatkan pengakuan dan registrasi dari pemerintah, seorang bidan harus telah menyelesaikan pendidikan yang diakui oleh pemerintahan dimana tempat bidan berada. Di Negara Australia berlaku juga hal yang sama, yang mana bidan yang telah mendapatkan registrasi harus sudah mempunyai kualifikasi sebagai perawat umum sebelum menempuh pendidikan bidan, walaupun sudah ada beberapa bidan praktik yang terlatih sebelum program ini dicanangkan.

Pendidikan perawat umum ditempuh dalam waktu tiga tahun. Pendidikan perawat ini adalah pendidikan bergelar dan mempelajari seluruh aspek kesehatan dan keperawatan yang setelah tamat diberi gelar “Bachelor of Health Science Nursing”. Lulusannya dapat bekerja di institusi yang berhubungan dengan keperawatan psikiatri, geriatric, dan perawatan anak yang mengalami keterlambatan perkembangan. Beberapa perawat umum juga bekerja di unit kebidanan dan NICU.

Selama 10 tahun terakhir, pendidikan bidan dibeberapa Negara bagian Australia telah berpindah dari pendidikan di rumah sakit menjadi pendidikan di universitas. Ada yang berpindah secara keseluruhan, ada yang berpindah sebagian ( kombinasi dari rumah sakit dan universitas).

Program pendidikan yang ditawarkan di universitas berupa “Graduate Diploma” dan ada pula yang berupa “Master”. Program master biasanya ditempuh dengan kuliah jarak jauh atau e-learnig program, sehingga peserta didik selain dapat bekerja juga dapat mengembangkan jenjang pendidikannya sampai pada master.
Calon peserta didik biasanya harus mempunyai pengalaman kerja minimal dua tahun sebelum menempuh pendidikan bidan. Sebagian besar program pendidikan diselesaikan dalam satu tahun dan ada yang dua tahun.

Pendidikan Bidan jenjang master telah banyak didirikan oleh universitas – universitas di Negara bagian di Australia. Beberapa contoh program master sebagai acuan bagi bidan di Indonesia.

1.NEW CASTLE UNIVERSITY
Gelar : M.Mid
Lama pendidikan : 7 – 20 bulan ( 2- 5 trimester)
Row Input
1) Bachelor of Midwifery
2) Lulusan diploma yang sudah terregristrasi
3) Bidan yang belum menempuh pendidikan tersebut diatas tetapi juga mempunyai angka kredit akademik lain sebagai persyaratan seperti:
a) Bidan yang mempunyai pengalaman klinis kebidanan, pendidik, training dan kualifikasi seperti: sertifikat ANC, sertifikat konsultan laktasi, sertifikat Advance Life Suport Obstetric (ALSO), sertifikat teaching and learning.
b) Bidan yang mempunyai tulisan ilmiah kebidanan dengan level setara dengan master.
b. Kurikulum
Kurikulum sebanyak 120 unit sks dengan masa didik ditempuh tiap trimester dengan metoda
e-learning.
c. Biaya : beasiswa dari pemerintahan persemakmuran Australia.
d. Pelaksanaan
1. Bidan Lulusan Diploma
Diploma bidan biasanya sudah menempuh 60 unit sks, sedangkan Diploma lulusan bidan dari
New Castle University telah menempuh 80 unit sks, sehingga bagi diploma bidan lulusan diluar
New Castle University wajib menempuh sks 60 unit untuk melengkapi menjadi 120 unit sks.
Mata kuliah wajib:
a) Contrac learning A = 10 unit
b) Contrac learning B = 10 unit
c) Mata kuliah pilihan = 40 unit
Mata kuliah pilihan masing – masing 10 unit
 Investigative Methods for Clinical Practice
 Counselling 1
 Contemporary Midwefery
 Midwifery Practice Issue
 The childbearing Woman and Her Family
 Teaching and Learning in the Clinical Context
 Special Care of Newborn (mata kuliah yang dianjurkan)
 Neonatal Intensive Care Nursing (mata kuliah yang dianjurkan)
 Leadership and Management in Practice
 Leading Change in Practice
 Biostatistics A
 Research Protocol Design
 Epidemiology A Basic Methods
 Qualitative Methods in Health Research
2) Bagi Bidan Non lulusan diploma
Bidan tersebut harus mempunyai kredit akademik yang bisa disetarakan 60 unit atau sebesar 50%
dari total sks. 120 sks harus tetap diterima, baik melaui laporan (sertifikat – laporan) dan beberapa
mata kuliah pilihan.
Mata kuliah wajib:
a) Contrac learning A = 10 unit
b) Contrac learning B = 10 unit
c) Mata kuliah pilihan minimum 4 mata kuliah ( yang setara 40 sks) dengan beban maksimal 100 sks.
Mata kuliah pilihan:
 Investigative Methods for Clinical Practice
 Counselling 1
 Contemporary Midwefery
 Midwifery Practice Issue
 The childbearing Woman and Her Family
 Teaching and Learning in the Clinical Context
 Special Care of Newborn (mata kuliah yang dianjurkan)
 Neonatal Intensive Care Nursing (mata kuliah yang dianjurkan)
 Leadership and Management in Practice
 Leading Change in Practice
 Biostatistics A
 Research Protocol Design
 Epidemiology A Basic Methods
 Qualitative Methods in Health Research

2. FLINDERS UNIVERSITY
a. Penyelenggaraan : Diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Kesehatan
b. Gelar :M.Mid
c. Jumlah SKS : 54 SKS
d. Tujuan akhir program Master
1) Memperoleh disiplin ilmu kebidanan tingkat advance meliputi tingkat konseptual dan promosi praktik kebidanan yang lebih baik.
2) Mampu berpartisipasi dalam pertolongan persalinan, meliputu perencanaan, implementasi, dan penelitian kebidanan.
3) Mampu mendemontrasikan praktik kebidanan berdasarkan penelitian kebidanan dan praktik kebidanan yang baik.
4) Mengaplikasi etik dan konsep teoritis untuk analisis dan pengembangan keputusan kilinik yang profesional.
5) Mengembangkan koalitas praktik kebidanan dalam tatanan praktik dengan critical analysis dan pemikiran reflektif.
6) menganalisis lingkungan yang mempengaruhi asuhan kebidanan persalinan pada multicultural masyarakat
7) Mengmbangkn kepemimpinan pada profesi kebidanan
8) Berkontribusi secara profesional baik dalam politik dan sosial kultur berhubungan dengan kebidanan dan komunitas.
9) Mendemontrasikan pemahaman kemampuan aturan yang berkaitan dengan kebidanan.
e. Syarat
Pendaftaran diprogram master kebidanan harus seorang yang telah lulus sebagai perawat kebidanan atau yang setara dengan kualifikasi yang telah disetujui oleh fakultas, harus sudah menjadi bidan yang terregristrasi, dan sudah mempunyai sertifikat praktik.
f. Program Studi
Untuk memenuhi kulifikasi magister kebidananan, mahasiswa harus menempuh 54 sks dan semuanya harus lulus dengan baik dan tidak terdapat mata kuliah pilihan pada program ini.
g. Mata kuliah utama
Mata kuliah utama
1) Issue and Methods in Nursing and Midwifery Research 6 unit
2) Epidemiology for Nurses and Midwives 3 unit
3) Qualitative Research 3 unit
4) Health Statistics 3 unit
5) Clinical Science for Midwives 6 unit
6) Sociology of Childbirth 3 unit
7) Elective topic 3 unit
8) Thesis 36 unit
Pathway 2 (tidak ditawarkan pada 2008)
1) Midwifery 1 9 unit
2) Midwifery 2 9 unit
3) Research Project 18 unit
Pathway 3 (tidak ditawarkan pada 2008)
1) Midwifery 1 9 unit
2) Midwifery 2 9 unit
3) Practice Project in Nursing and Midwifery 9 unit
4) Elective topics 9 unit

ELECTIVE TOPIK (tidak semua topic diselenggarakan tiap tahun atau semester).
1) Midwifery History and Politics 6 unit
2) Law and Ethic for Advanced Practice 3 unit
3) Introduction to Clinical Audit 3 unit
4) Conducting a clinical Audit 3 unit
5) Clinical Audit Paper 3 unit
6) Independent Study 3 unit
7) Independent Study 6 unit
8) Therapeutic Touch : Complementary Healing Modality
in Health and Illness 3 unit
9) Infertility and Issue in Asissted Reproduction 6 unit
10) Independent Study 4.5 unit

3. JAMES COOK UNIVERSITY (JCU) – QUEENSLAND
a. Gelar : Master Midwifery
b. Proses pembelajaran
Program master kebidanan bersifat fleksibel, hasiswa bisa full time bisa part time. Jumlah beban sks yang harus ditempuh oleh mahasiswa sebesar 36 sks. untuk mahasiswa lulusan diploma kebidanan Dari James Cook University harus menempuh maksimal 24 kredit point sedangkan mahasiswa selain lulusan James Cook University atau mahasiswa yang berlatang belakang praktik bidan dirumah sakit harus menempuh mata kuliah tambahan yang relevan dengan jurusan kebidanan dengan jumlah angka kredit maksimal 18 sks.
c. Tujuan Program Master:
1) Mencetak Bidan yang kompoten dalam memberikan pelayanan kebidanan yang baik sesuai dengan wewenangnya.
2) Bidan yang mempunyai legal aspek dan etik profesi
3) bidan yang mampu menghargai kepercayaan dan nilai – nilai yang terkait dalam praktik kebidanan dalam seluruh latar belakang social budaya.
4) Bidan yang mampu memberikan pelyanan kebidanan berdasarkan hasil penelitian.
5) Bidan yang mempunyai fungsi mandiri dalam kolaborasi dalam tim.
6) Mampu melakuk penelitian yang sesuai dengan bidang keilmuan.
d. Mata Kuliah
1) Mata Kuliah Level 1
a) Phisicologycal Processes in Midwifery
b) Phatophysiological Processes in Midwifery
c) Precnancy, Birth and Postnatal Midwifery Care
d) Midwifery Care in ‘ At Risk’ Events
2) Mata Kuliah Level 2
a) Perinatal Critical Care and the pregnant Woman
b) Research: Theory and Methodology
c) Professional Midwifery Care
d) Elective Subject
3) Mata Kuliah Level 3
a) Advanced Midwifery Care
b) Dispute Resolution: A Nursing Perspective
c) Independent Project, atau Clinical Governance Project
d) Elective Subject
Mata kuliah pilihan yang bisa diambil oleh mahasiswa program master:
a) Family Planning Queensland Introduction to Sexual & Reproductive Health Theory.
b) Family Planning Queensland Pap Smear Provider Module
c) QNC- Accredited Immunisation Endorsement Program
e. Jadwal Pelaksanaan Perkuliahan
1) Mata Kuliah Periode 1 (February – June)
a) Advanced Phisicologycal Nursing
b) Nursing Inquiry for Specialist Practice
c) Research: Proposal Writing (1)
d) Clinical Governance Project
e) Itroduction to Nurse Education
f) Contemporary Issue in Nurse Education
g) Advanced Surgical Nursing ( tidak diselenggarakn pada tahun 2008)
h) Qualitative Data Management in Nursing (1)
2) Mata Kuliah Periode 2 ( Augustus – Desember)
a) Advanced physiological Nursing
b) Nursing Inquiry for Specialist Practice
c) Research: Proposal Writing (1)
d) Clinical Governance Project
e) Clinical Teaching in Nursing
f) Implementation of Clinical Teaching Strategies
g) Contemporary Issue in Acute Care Nursing (akan dibuka pada tahun 2009)
h) Nursing Management Across the Health Sector
i) Advanced Medical Nursing
j) Nursing Leadership
f. Output
Program magister kebidanan ini mempersiapkan lulusanya untuk menjadi bidan praktik yang mempunyai:
1) Fungsi sebagai bidan praktik yang berkompeten sebagai bidan fasilitator dalam kehamilan, persalinan, nifas tampa komplikasi.
2) Fungsi interdependen dalam berkooperatif dengan tenaga kesehatan lain dalam memberikan pelayanan asuhan kebidanan melaiputi pelayanan kehamilan, persalinan, nifas dengan komplikasi.
3) Funagsi sebagai pendidik dan konselor dalam keluarga dan keluarga berencana.
g. Syarat
Telah menempuh pendidikan bidan (program diploma kebidanan) dan menjadi bidan yang terregristrasi dalam lingkungan negara Australia. Pendaftar yang memenuhi syarat tersebut, maka pengalaman praktiknya tidak akan diperhitungkan. Pendaftaran untuk program ini dilakukan 2 kali dalam satu tahun.
h. Pembiayaan
Pembiayaan program ini bisa dipilih dari beasiswa Negara persemakmuran (dengan syarat tertentu) atau biaya sendiri.


4. MASSEY UNIVERSITY (NEW ZEALAND)
a. Gambaran Umum
Program Master kebidanan ini diperuntukkan kepada semua praktisi bidan/ bidan yang bekerja diklinik dan tertarik untuk meningkatkan pengetahuan serta keterampilan kebidanan. Proses pembelajaran yang diselenggarakan secara moduler dan fleksibel meliputi beberapa mata kuliah yang mendukung praktik kebidanan. Program master kebidanan ini diselenggarakan untuk mengembangkan kemampuan bidan terutam untuk bidang penelitian dan keterampilan klinik yang lebih baik, serta dibuka untuk tenaga professional lain yang bekerja dibidang ibu, bayi dan keluarga.
b. Tujuan Program Master Kebidanan:
1) Mengembangkan kemampuan bidan dalam mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan klinik melalui metode pembelajaran tiori, praktik klinik dan tugas mandiri yang digabung dalam penelitian berdasarkan avidence based.
2) Menyediakan pendidikan bagi para bidan sebagai alternatif dari master of Art/Master of Philosophy, dengan kualifikasi yang sama dengan lulusan pascasarjana.
c. Lulusan
Lulusan dari program master kebidanan ini akan melanjutkan memberikan asuahan kebidanan dalam berbagai aspek sesuai kewenangannya dan mampu utnuk melakukan penelitian dibidang yang terkait. Mereka diharapkan mampu memberikan kontribusi dalam pengembangan pendidikan bagi bidan yang belaum melanjutkan pendidikannya serta membantu pemerintah dalam menyusun kebijakan yang berkaitan dengan pelayanan maternal.
d. Mata Kuliah
Master of Midwifery (M.Mid) merupakan program yang terintegrasi yang mempunyai mata kuliah yang mendukung pengetahuan dan keterampilan dalam bidang kebidanan melalui gabungan dari pembelajaran teori, praktikklinik, dan proyek.
e. Mata Kuliah wajib (teori)
1) Midwifery Knowledge Philosophy
2) Avidence Based Midwifery Practice
3) Health Recearch design Methods Practicum
4) Recearch Report
Mata Kuliah Pilihan I (mahasiswa diwajibkan memilih satu mata kuliah ).
1) Breastfeeding
2) Maternal Mental Health
3) Special Topik or an approvide alternative
Mata Kuliah Pilihan II (mahasiswa diwajibkan memilih satu atau dua mata kuliah)
1) Ethical Dilemamas and Decision in Professional Practice
2) Personal and Community Health
3) Special topic II
4) Special topic III
5) Woment’s Helath
6) Contemporary Trends in Clinical Teaching and Learning
7) Pain Management
8) Health Systems Management.

5. GRIFFITH UNIVERSITY
a. Nama Program : Master of Midwifery
b. Gelar : M.Mid
c. Lokasi : Logan campus
d. Penyelenggara : School of Nursing and Midwifery
e. Lama Pendidikan : 1 tahun full time dan 2 tahun part time
f. SKS : 80 SKS
g. Row input
Program master kebidanan ini dipersiapkan bagi perawat yang terregristrasi dan bidan klinik yang professional. Program ini bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan, sikap dan keterampilan bidan dalam memberikan asuhan kebidanan bagi klien dan keluarga.
h. Jenis Program yang dibuka
Program Code Program title Campus Semester Intake
1. 5230 Master of Midwifery Logan S1 / S2
2. 5244 Master of Midwifery with Honours Logan S1 / S2

Syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan gelar Master of Midwefery (M.Mid) mahasiswa harus:
1) Menyelesaikan 60 SKS
2) Ditambah 20 kredit Point untuk penelitian
3) Ditambah jam praktik klinik minimum 500 jam. kegiatan praktik klinik dapat dilaksanakan mahasiswa 2 -3 hari selama seminggu di semester I dan pada saat libur semester.
Sedangakan syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan gelar Master of Midwefery with Honours (MMid), mahasiswa harus:
1) Menyelesaikan 60 SKS bobot inti kebidanan.
2) Ditambah 20 SKS penelitian
3) Ditambah 40 SKS disertasi

i. Mata Kuliah
1) Master of Midwifery (80 SKS)
a) Full Time
Full Time Course List
Year Semester Cataloc Numbers Course SKS
1 I 7951NRS Pre and Postnatal Midwifery 20
1 I 7952NRS Promoting Normal Childbirth 20
1 II 7019NRS Quantitative Research 10
1 II 7018NRS Quantitative Research 10
1 II 7054NRS Complication of Childbearing 20

b) Part Time
Part Time Course List
Year Semester Cataloc Numbers Course SKS
1 I 7951NRS Pre and Postnatal Midwifery 20
1 I 7952NRS Promoting Normal Childbirth 20
1 II 7019NRS Quantitative Research 10
1 II 7018NRS Quantitative Research 10
1 II 7054NRS Complication of Childbearing 20



2) Midwifery with Honours (120 SKS)
a) Full Time
Selain menyelesaikan 80 SKS mahasiswa harus menelesaikan tambahan 40 SKS melalui:
Full Time Course List
Year Semester Cataloc Numbers Course SKS
3 I 7999NRS P1 Dissertation 1 10
3 I 7999NRS P2 Dissertation 2 10
3 I 7999NRS P3 Dissertation 3 10
3 I 799NRS P4 Dissertation 4 10

b) Part Time
Part Time Course List
Year Semester Cataloc Numbers Course SKS
3 I 7999NRS P1 Dissertation 1 10
3 I 7999NRS P2 Dissertation 2 10
3 II 7999NRS P3 Dissertation 3 10
3 II 799NRS P4 Dissertation 4 10


Simpulan
Dari 5 universitas yang menyelenggarakan program pendidikan magister yang ada di negara bagian Australia ditemui beberapa persamaan model program meliputi:
1. Program Pendidikan : Master of Midwifery
2. Gelar : M.Mid
3. Row Input
Bidan atau perawat yang telah lulus diploma kebidanan dengan kualifikasi sudah terregritrasi, bekerja secara kilinik dibidang kebidanan, yang disertai dengan sertifikasi kemampuan – kemampuan lain yang berhubungan dengan kebidanan.
4. Beban Studi : Rata – rata 40 – 120 SKS
5. Lama pendidikan : 1 – 3 tahun (2 samapai 5 semester)
6. Mata kuliah
Mata kuliah yang diajarkan meliputi pengetahuan dan keterampilan yang berbasis kompetensi kebidanan (kehamilan, persalinan, nifas, bayi / anak fisiologi maupun patologis) sesuai dengan issue yang berkembang dan berdasarkan evidence based, pengetahuan tentang hukum, epidimiology, keluarga berencana, psikologi, kemampuan managerial dan pengembangna kemampuan penelitian setingkat master.
7. Metode Pembelajaran
Lebih ditekankan pada pembelajaran SPICES:
 Student Centre
 Problem Based
 Integrited
 Community Based
 Elective
 Sistematic
7. Tujuan Program
Upaya pengembangan kemampuan bidan dalam mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan klinik melalui metoda pembelajaran tiori dan praktik klinik serta tugas mandiri yang dipadukan dengan penelitian berdasarkan evidance based, dapat ikut serta dalam pengembangan pendidikan bagi bidan yang belum melanjutkan pendidikan serta membantu pemerintah dalam menyusun kebijakan yang berkaitan dengan pelayanan kesehatan maternal dan neonatal.

Sumber
Berbagai sumber/tugas magbid


Related Posts by Categories



Widget by Scrapur

0 komentar:

Poskan Komentar

Home

Yang lagi baca..

Populer

Friends..

 

Copyright © 2008 Green Scrapbook Diary Designed by SimplyWP | Made free by Scrapbooking Software | Bloggerized by Ipiet Notez