Menjadi profesional, berarti menjadi ahli dalam bidangnya. Dan seorang ahli, tentunya berkualitas dalam melaksanakan pekerjaannya.
Akan tetapi tidak semua Ahli dapat menjadi berkualitas. Karena menjadi berkualitas bukan hanya persoalan ahli, tetapi juga menyangkut persoalan integritas dan personaliti. Dalam perspektif pengembangan sumber daya manusia, menjadi profesional adalah satu kesatuan antara konsep personaliti dan integritas yang dipadupadankan dengan skil atau keahliannya.
Menjadi dosen yang profesional adalah impian setiap dosen. Alasan paling mendasar adalah Karena itu akan meningkatkan harga dirinya sebagai manusia. Dosen adalah pendidik dan juga peneliti. Ia bekerja di perguruan tinggi yang sering disebut sebagai garba ilmiah, tempat bersemai dan berkembang ilmu pengetahuan. Ada yang mengatakan bahwa dosen adalah peneliti yang mengajar. Ia meneliti dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan ia juga mengajar atau mendidik calon-calon praktisi dan ilmuwan yang akan mengembangkan ilmu pengetahuan dan menerapkan hasil-hasil penelitian untuk memecahkan berbagai persoalan masyarakat. Pertanyaannya sekarang adalah bagaimanakah ciri-ciri dosen yang ideal itu?
Berikut ini adalah sepuluh ciri yang telah digambarkan melalui karya Milton Hildebrand dan Kenneth Feldman. Dosen yang memiliki semua ciri tersebut dianggap sebagai dosen yang “hebat” oleh mahasiswa dan teman sejawat mereka serta para staf administrasi. Dosen yang memiliki kekuatan di sebagian bidang ini (dan lemah di sebagian yang lain) dianggap sebagai dosen yang baik oleh sebagian pengamat dan sebagai dosen yang jelek oleh pengamat yang lain.
1. Gaya Mengajar Yang Merangsang Belajar
• Menyajikan kuliah dengan cara yang menarik dan melibatkan mahasiswa.
• Menggunakan humor untuk membantu mempertahankan perhatian mahasiswa
• Memperkuat setiap poin utama dengan memberikan rujukan, contoh, dan ilustrasi yang bermakna
• Mengaitkan materi kuliah dengan dunia mahasiswa
• Mengaitkan materi kuliah pada pengalaman sebenarnya dalam dunia nyata
• Memusatkan perhatian pada pelajaran yang akan menjadi bagian permanen dari kehidupan seseorang dan akan digunakan berulang kali di luar kampus
• Mengembangkan rasa ingin tahu
• Menyediakan waktu untuk membuat mahasiswa secara psikologis siap untuk belajar
2. Kemampuan Untuk Berkomunikasi Secara Jelas
• Menyampaikan informasi dengan cara yang jelas dan dapat difahami
• Mampu mereduksi pengetahuan sampai pada komponen-komponennya yang paling sederhana
• Mengaitkan satu sama lain informasi yang diberikan
• Mengaitkan teori, prinsip-prinsip, dan konsep-konsep pada penerapan praktis
• Merumuskan tujuan belajar dengan jelas dan memberitahukannya keapda mahasiswa
• Menjawab pertanyaan secara tuntas dan bebas
• Memberikan umpan balik secara teratur dengan cara yang mendorong mahasiswa belajar
• Menjelaskan kritik yang diberikan kepada mahasiswa
3. Menguasai Materi Kuliah Yang Dipegangnya
• Memiliki pengetahuan yang cukup luas dan mendalam di bidang ilmu yang dikuliahkan
• Memiliki pengetahuan yang mutakhir di bidang ilmu yang dikuliahkan
• Memiliki komitmen terhadap bidang yang menjadi spesialisasinya (selalu membaca literatur, menghadiri pertemuan profesional, dsb.)
• Memelihara kontak dengan teman-teman sejawat di bidangnya (di dalam dan di luar kampus)
• Dapat mendemonstrasikan dan menggambarkan aspek-aspek yang penting, serta menjelaskannya
• Mengetahui materi kuliahnya dengan cukup baik sehingga dapat menekankan aspek-aspeknya yang paling penting
• Menunjukkan dan perbedaan dan implikasi berbagai teori dan prinsip di bidang ilmu itu
• Menghubungkan fakta-fakta dan konsep-konep yang lebih penting kepada bidang studi yang berkaitan
4. Siap dan Terorganisir
• Merencanakan dengan baik kegiatan kuliah untuk satu semester, unit, minggu, sehari
• Memberikan silbaus yang berisi tujuan mata kuliah, bibliografi, tugas, laporan laboratorium, pekerjaan rumah, jadwal tes, tugas khusus, penilaian, dan pedoam
• Datang ke ruang kuliah siap untuk mengajarkan topik tersebut
• Menggunakan waktu kuliah secara efektif dan efisien
• Menyajikan kuliah sedemikian rupa sehingga mahasiswa dapat melihat hubungan-hubungan yang ada di dalam materi kuliah itu
• Menggaris bawahi ide-ide yang utama
• Menggunakan alat bantu belajar secara efektif
• Memubat rangkuman untuk membantu mahasiswa mempelajari dan mengingat materi kuliah
5. Memiliki Antusiasme Yang Dinamis
• Merasa tertarik dan senang mengajar, dan menunjukkan hal itu
• Secara tulus tertarik pada mata kuliah itu
• Membuat belajar itu menjadi suatu pengalaman yang menyenangkan
• Memancarkan sikap yang positif ke arah kehidupan secara umum
• Mengembangkan gaya kemanusiaannya sendiri yang unik
• Mau berusaha lebih keras untuk membuat mahasiswa melakukan apapun yang diperulukan untuk belajar
6. Memiliki Kepedulian Pribadi Terhadap Mahasiswa
• Secara tulus menghormati mahasiswa dan menunjukkan sikap peduli dan siap membantu ini
• Menunjukkan dengan jelas bahwa ia ingin membantu mahasiswa belajar
• Menyediakan waktu dan berusaha untuk mengenal mahasiswa dan kebutuhan mereka
• Bekerja dengan setiap mahasiswa sebagai pribadi
• Berbicara dengan mahasiswa, baik di dalam maupun di luar kelas
• Membantu mahasiswa menemukan jawaban atas pertanyaan mereka sendiri
• Dihargai karena nasihat-nasihatnya pada hal-hal selain masalah kuliah, serta dalam kegiatan di dalam kelas
7. Ketrampilan Berinteraksi
• Melihat kebutuhan mahasiswa dan selalu mengikuti perkembangan kemajuan setiap mahasiswa
• Menggunakan reaksi dan umpan balik dari mahasiswa untuk meningkatkan danmemandu tindakannya
• Secara akurat membaca dan mengomunikasikan sinyal-sinyal non-verbal
• Mengetahui ketika para mahasiswa tidak mengerti
• Memandang mahasiswa ketika berbicara kepada mereka, di dalam atau di luar ruang kuliah—kontak mata menunjukkan adanya kesadaran sebenarnya
• Berusaha agar mahasiswa saling mengenal
• Memuji prestasi mahasiswa yang berhasil untuk memotivasi belajar mereka di masa mendatang
8. Fleksibilitas, Kreativitas, Keterbukaan
• Menggunakan berbagai ragam gaya dan metode penyajian kuliah
• Membagi setiap jam kuliah menjadi setidaknya tiga kegiatan yang terpisah
• Bekerja dengan berbagai mahasiswa secara bebeda
• Mengubah pendekatan mengajar untuk menyesuaikan dengan situasi baru
• Secara berkala, mencoba ide-ide baru dan berbeda
• Terus meneus mencari ide-ide, pendekatan dan metode mengajar yang baru
• Terbuka terhadap saran mahasiswa mengenai isi, metode perkuliahan, dan tugas-tugas yang diberikan kepada mahasiswa
• Menggunakan individualitas dan originalitas dalam mengatur kegiatan belajar mengajar
9. Memiliki Kepribadian Yang Kuat
• Memiliki integritas dan krjujuran dalam semua hubungannya dengan mahasiswa
• Mengemukakan di depan semua peraturan dan persyaratan khusus tanpa ada harapan yang disembunyikan
• Tidak mengubah peraturan tanpa persetujuan mahasiswa
• Sangat berhati-hati dan bertindak adil dalam memberikan nilai dan ujian
• Menjaga kerahasiaan mahasiswa
• Bersedia mengambil resiko untuk berbuat salah dan kemudian memperbaiki kesalahan yang telah dibuatnya
• Memiliki kesabaran dan pengertian bagi mahasiswa baru
10. Komitmen
• Menunjukkan keingingan tulus untuk mengajar
• Menjadikan mengajar sebagai poritas nomor satu
• Menerima pembatasan dan kerja yang diperlukan menjalankan tugas secara benar
• Melakukan segala apa yang diperlukan untuk selalu memberi tahu mahasiswa tentang kemajuan, keberhasilan, dan kebutuhannya
• Meminta masukan dari mahasiswa, teman sejawat, dan pegawai administrasi untuk tujuan perbaikan
• Menerima kritik dan saran sebagai tanda perubahan yang positif
• Selalu mencari cara-cara mengajar yang baru dan lebih baik
• Berbagi ide-ide terbaik dengan teman sejawat demi peningkatan profesional mereka
Mahasiswa tidak hanya termotivasi oleh antusiasme, tetapi juga termotivasi oleh organisasi, kejelasan, keilmuan, dan teknik mengajar yang baik. Hal ini difahami oleh setiap dosen yang benar-benar peduli dan benar-benar ingin mengajar dengan baik! Yang juga menggembirakan adalah bahwa, bahkan perbedaan kecil pun sering cukup untuk mempertahankan perhatian sedikit lebih baik atau menyampaiakn ide dengan lebih jelas. Kita harus percaya pada diri kita sendiri dan bekejra keras untuk menjadi dosen sebaik mungkin, sesuai dengan ciri-ciri kita masing-masing.
“Tidak banyak dosen yang hebat; mungkin tidak ada dosen yang selalu baik. Tetapi, banyak dosen yang kadang-kadang hebat.” (Milton Hildebrand, 1973) Kita perlu berusaha keras untuk membuat kehebatan yang kadang-kadang ini terjadi lebih sering!
Sumber:
a. Principles of College Teaching seperti dimuat dalam http://www.k state.edu/catl/teach/gtahandbook/effectv.htm diakses tanggal 6 Juli 2009.
b. http://www.pendidikanislam.net/index.php/untuk-guru-a-dosen/39-pendidikan/80-ciri-ciri-dosen-profesional?showall=1
0 Response to "MENJADI DOSEN YANG PROFESIONAL"
Post a Comment